Kamis, 11 Agustus 2016

Catatan dari diklat tentang perkalian (-3) x (-2)



Untuk menyelesaikan perkalian (-3) x (-2)
Yang perlu dipahamkan kepada siswa adalah pengertian perkalian. Bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang
3x1 artinya 1 + 1 + 1
2 x 5 artinya 5 + 5
3 x -7 artinya (-7) x (-7) x (-7)

Tetapi bagaimana cara kita menerangkan pada anak-anak tentang arti perkalian -3 x 2
Dengan generalisasi, kita dapat menerangkan perkalian dua buah bilangan tersebut
Kita bisa memulai dengan perkalian
3 x 2 = 6          
2 x 2 = 4           
1 x 2 = 2             
0 x 2 = 0             
-1 x 2 = ?            
-2 x 2 = ?            
-3 x 2 =  

            
Dari hasil  yang ada diketahui perkalian yang berurutan turun 2 secara teratur (pola)
Dengan pola yang ditemukan, maka didapat hasil dari -3 x 2

Kemudian, bagaiman dengan -3 x (-2).
Dari pemahaman tentang -3 x 2, dapat membuat contoh-contoh untuk digeneralisasikan
-3 x 3 = -9             
-3 x 2 = -6             
-3 x 1 = -3             
-3 x 0 = 0             
-3 x (-1) = 3            
-3 x (-2) = ?


Dari hasil  yang ada diketahui perkalian yang berurutan naik 3 secara teratur (terpola). Dengan pola yang ditemukan, maka didapat hasil dari -3 x (-2)


Selain dengan generalisasi, saya dapat pencerahan dari Mr Wahid. Nilai (-3) x (-2) bisa  kita dapatkan  dengan menerapkan sifat distributif perkalian terhadap pengurangan

Misal
8 x 8 = 64
8 bisa kita ubah menjadi (11-3) atau (10-2)
8 x 8 = (11-3) x (10-2)
         = 11.10 + 11.(-2) + (-3).10 + (-3).(-2)
         = 110 + (-22) + (-30) + (-3) (-2) = 64
            110 - 52 + (-3).(-2) = 64 
            58 + (-3).(-2)           = 64
Didapat (-3) (-2) = 64-58
                            = 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar