Untuk menyelesaikan perkalian (-3) x (-2)
Yang perlu dipahamkan kepada siswa adalah pengertian
perkalian. Bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang
3x1 artinya 1 + 1 + 1
2 x 5 artinya 5 + 5
3 x -7 artinya (-7) x (-7) x (-7)
Tetapi bagaimana cara kita menerangkan pada anak-anak
tentang arti perkalian -3 x 2
Dengan generalisasi, kita dapat menerangkan perkalian dua
buah bilangan tersebut
Kita bisa memulai dengan perkalian
3 x 2 = 6
2 x 2 = 4
1 x 2 = 2
0 x 2 = 0
-1 x 2 = ?
-2 x 2 = ?
-3 x 2 =
Dari hasil yang ada
diketahui perkalian yang berurutan turun 2 secara teratur (pola)
Dengan pola yang ditemukan, maka didapat hasil dari -3 x 2
Kemudian, bagaiman dengan -3 x (-2).
Dari pemahaman tentang -3 x 2, dapat membuat contoh-contoh
untuk digeneralisasikan
-3 x 3 = -9
-3 x 2 = -6
-3 x 1 = -3
-3 x 0 = 0
-3 x (-1) = 3
-3 x (-2) = ?
Dari hasil yang ada
diketahui perkalian yang berurutan naik 3 secara teratur (terpola). Dengan pola
yang ditemukan, maka didapat hasil dari -3 x (-2)
Selain dengan generalisasi, saya dapat pencerahan dari Mr Wahid. Nilai (-3) x (-2) bisa kita dapatkan dengan menerapkan sifat distributif perkalian terhadap pengurangan
Misal
8 x 8 = 64
8 bisa kita ubah menjadi (11-3) atau (10-2)
8 x 8 = (11-3) x (10-2)
= 11.10 + 11.(-2) + (-3).10 + (-3).(-2)
= 110 + (-22) + (-30) + (-3) (-2) = 64
110 - 52 + (-3).(-2) = 64
58 + (-3).(-2) = 64
Didapat (-3) (-2) = 64-58
= 6
Tidak ada komentar:
Posting Komentar